14 November 2019

Menyisipkan Tabel Microsoft Excel Dalam Pada Microsoft Word

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 14 Nov 2019 | Aplikasi MS (Microsoft) Excel merupakan aplikasi dalam bundel MS Office yang dilengkapi fasilitas untuk mempermudah user dalam membuat tabel (berikut formula untuk menghasilkan nilai secara otomatis), namun bukan aplikasi yang cocok untuk tulis menulis.

Microsoft menyediakan aplikasi MS Word untuk tulis menulis, namun sebaliknya, tidak cocok untuk digunakan membuat tabel.
Maka bila suatu ketika user butuh untuk membuat tulisan yang memerlukan konten tabel didalamnya, cara termudah untuk menuangkannya adalah dengan kolaborasi MS Word dan MS Excel sekaligus.


Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara paling optimal untuk menyisipkan tabel dari MS Excel pada MS Word.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Jalankan aplikasi MS Word, dan buka file dimana tabel akan disisipkan, berikut ini Niguru.com akan membuka sebuah file MS Word sebagai contoh:

www.niguru.com


Jalankan aplikasi MS Excel dan buka juga file yang didalamnya terdapat tabel yang akan disisipkan pada lembaran kerja MS Word.
Perhatikan pada kolom F, nilai yang ditampilkan adalah hasil formula perkalian nilai kolom D * kolom E (= price * qty):

www.niguru.com

Select (pilih) seluruh area tabel dan tekan [Ctrl + C] untuk copy:

www.niguru.com

Klik panah kecil dibawah icon Paste > Paste Special:

www.niguru.com


Microsoft Office Excel Worksheet Object > OK:


www.niguru.com

Hasilnya:


www.niguru.com

Tabel yang disisipkan masih mempunyai fungsi yang sama dengan tabel MS Excel, nilai yang ada didalamnya, termasuk formula yang tersimpan didalamnya masih memiliki fungsi yang sama.
Double-click tabel untuk melakukan editing. Sebagai contoh Niguru.com akan mengganti Qty dari Hat, dari 55 menjadi 90:


www.niguru.com

Perhatikan bahwa nilai SubTotal berubah, mengikuti perubahan nilai Qty.

www.niguru.com

Note:
Bila cara menyisipkan tabel berbeda dengan cara yang sudah dijelaskan diatas, fungsi formula seperti yang berlaku pada MS Excel tidak berjalan pada tabel yang disisipkan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara benar untuk menyisipkan tabel dari MS Excel pada lembar MS Word, agar didapatkan hasil yang optimal.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...