10 November 2019

Perbandingan Kecepatan Eksekusi Browser Google Chrome Dan Opera

www.niguru.com
Niguru.com | Minggu, 10 Nov 2019 | Saat posting ini dibuat, Google Chrome menduduki peringkat pertama sebagai web browser yang paling banyak dipergunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

Pada posting kali ini Niguru.com akan memberikan perbandingan kecepatan operasional Google Chromer dengan Opera, browser lain yang juga dikenal cukup gesit dan memiliki beberapa fasilitas tambahan yang tidak dimiliki oleh Google Chrome, seperti VPN yang terintegrasi, Whatsapp web yang terintegrasi, dan juga fasilitas tambahan lain yang bisa diperoleh dengan melengkapi extension yang disediakan.


Sebagai informasi awal, berikut ini adalah nilai CPU dan memory (RAM) pada komputer yang Niguru.com pergunakan, yaitu CPU Celeron 1,6Ghz dan RAM 4GB, yang bisa dilihat pada gambar berikut:

www.niguru.com


Sekarang Niguru.com menjalankan Google Chrome dan melihat seberapa besar resource yang digunakan oleh aplikasi tersebut.
Google Chrome menyita prosentase CPU sebesar: 4,3%
Dan Google Chrome menyita memory sebesar: 989MB, suatu nilai besar sekali yang mendekati 1GB

www.niguru.com


Selanjutnya Niguru.com mematikan Google Chrome dan menjalankan Opera, dan melihat seberapa besar resource yang digunakan oleh aplikasi tersebut.
Opera hanya menyita menyita prosentase CPU sebesar: 0,5% saja.
Dan Opera menyita memory sebesar: 8,7MB

www.niguru.com


Bagi pembaca yang tertarik untuk menggunakan Opera, silakan download opera pada URL: www.opera.com, klik tombol Download now:

www.niguru.com


Chrome melakukan optimalisasi pada beberapa aplikasi yang berjalan pada system background, sehingga total penggunaan CPU hanya 0,8%

www.niguru.com

www.niguru.com

Opera tidak melakukan optimalisasi pada aplikasi yang berjalan pada system background, namun karena kebutuhan resource CPU rendah maka total penggunaan CPU hanya 0,8%, suatu nilai yang setara dengan penggunaan aplikasi Google Chrome

www.niguru.com

www.niguru.com


Note  and tips:
Bila anda memiliki RAM /memory 4GB atau lebih (makin besar makin baik) maka pilihan browser yang manapun dijamin tidak akan mempengaruhi kinerja komputer anda. Jadi tentukan pilihan berdasarkan kenyamanan penggunaan saja, tidak perlu mempedulikan besarnya penggunaan resource dari browser.

Bila anda memiliki RAM 3GB atau kurang dari itu, sebaiknya pilih Opera, karena browser ini dapat berjalan lebih lancar pada komputer dengan RAM yang tidak besar.

Demikian penjelasan mengenai perbandingan Google Chrome da Opera dari sisi kecepatan eksekusi.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar