07 Desember 2019

5 Langkah Untuk Membuat Desktop Tampil Lebih Menarik Dan Nyaman Untuk Bekerja

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 7 Des 2019 | Bekerja dengan komputer dalam durasi yang panjang seringkali bisa mendatangkan rasa jemu, dan sebagai efek sampingnya produktivitas akan menurun. Maka membuat komputer lebih nyaman adalah salah satu cara untuk membuat user lebih betah untuk bekerja lebih lama didepan komputer.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kenyamanan user adalah kerapihan dan keindahan tampilan desktop. Desktop adalah halaman yang tampil diawal, tampil diantara pembukaan window aplikasi yang sedang “running”, dan juga tampil saat semua aplikasi sedang dalam mode “minimized”.


Melihat desktop rapih serasa bekerja disebuah ruangan yang juga tertata dengan rapih. Berikut ini beberapa tips untuk membuat desktop OS Windows tampil lebih menarik dan nyaman untuk digunakan bekerja:

1. Pilih WALLPAPER yang sesuai dengan lingkungan desktop:
Wallpaper dapat memperindah tampilan komputer, namun sebaiknya pastikan pilih gambar dengan obyek yang sedikit .

Contoh gambar dengan banyak obyek:

www.niguru.com

www.niguru.com


Dan berikut ini contoh gambar dengan sedikit obyek:

www.niguru.com


www.niguru.com

Note:
Gambar dengan nuansa GELAP, dapat membuat durasi bekerja lebih lama karena mata hanya terpapar cahaya dengan intensitas yang lebih rendah.

Pilihan gambar bernuansa gelap juga menguntungkan dari sisi pemakaian energi. Baterai menjadi lebih hemat karena layar membutuhkan daya lebih rendah untuk menghasilkan cahaya yang lebih sedikit.

2. Ganti icon standar dengan icon yang lebih menarik:
Icon dapat diperoleh dari berbagai sumber, cukup dengan mengetikkan kata kunci: “icon ico” (tanpa tanda petik) pada image search engine, maka search engine akan menampilkan berbagai pilihan icon dari berbagai sumber.


www.niguru.com

3. Buat ukuran obyek pada layar sedikit lebih besar:
Agar nyaman dilihat, buat agar obyek tampak lebih besar, dengan mengatur display setting, yang dapat ditampilkan dengan mengetikkan folder path: “Control Panel\All Control Panel Items\Display” (tanpa tanda petik), pada Windows Explorer > pilih dan klik radio button: Medium – 125%, agar ukuran teks dan icon sedikit lebih besar dari standar:


www.niguru.com

4. Batasi icon yang ditampilkan maksimal hanya 2 kolom saja:
Icon yang terlalu banyak ditampilkan pada desktop akan mengurangi keindahan dan kenyamanan. Bila memang diperlukan shortcut yang cukup banyak, sebaiknya buat sebuah folder, tempatkan semua shortcut (yang sesuai kelompok) disitu, barulah folder berisi shortcut tersebut ditempatkan sebagai shortcut baru pada desktop:

www.niguru.com


5. Tambahkan Desktop Gadget:
Penjelasan tentang dekstop gadget ini bisa dibaca pada posting terdahulu (baca: Memasang Desktop Gadget Di Windows 8 /Windows 10).


www.niguru.com

Berikut ini contoh desktop yang sudah dibuat lebih nyaman:


www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk mengatur desktop agar komputer menjadi lebih nyaman untuk digunakan bekerja.

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar