04 Desember 2019

Ultrasonic Receiver Switch

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 4 Des 2019 | Pada posting sehari sebelumnya Niguru.com sudah menjelaskan mengenai rangkaian Ultrasonic Transmitter yang dapat menghasilkan getaran ultrasonik lewat speaker jenis tweeter. Maka pada posting kali ini Niguru.com akan melengkapi dengan rangkaian Ultrasonic Receiver, yang dapat dipasangkan dengan rangkaian transmitter yang sudah diposting sehari sebelumnya.

Rangkaian Ultrasonic Receiver Switch ini dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan secara wireless. Sehingga kerumitan pemasangan kabel antara peralatan dengan saklar kontrol bisa dihilangkan.



Berikut ini rangkaiannya:

www.niguru.com


Speaker jenis tweeter selain sebagai komponen output juga dapat digunakan sebagai komponen input.
Pada rangkaian Ultrasonic Receiver, tweeter digunakan untuk menerima getaran ultrasonik.

Getaran ultrasonik dikonversi oleh tweeter menjadi sinyal listrik amplitudo rendah. Transistor Q1 dan Q2, menguatkan amplitudo sinyal tersebut.

Sinyal yang sudah dikuatkan amplitudonya, kemudian disearahkan oleh dioda dan kemudian tegangan searah tersebut diberikan ke OpAmp yang dikonfigurasikan sebagai komparator.

Bila tegangan input inverting dari komparator memiliki level positif (+) yang melampaui tegangan yang ada pada input non inverting, maka tegangan output OpAmp akan = 0 dan membuat Q3 dan Q4 = ON (menghantar). Hasilnya relay akan ON juga.

User tinggal memilih saklar relay yg normally ON atau normally OFF untuk dihubungkan ke rangkaian yang akan dikontrol.

Demikianlah penjelasan mengenai Ultrasonic Receiver Switch.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar