Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digital Milli Volt Meter

www.niguru.com
Niguru.com | Sabtu, 20 Okt 2018 | Beberapa waktu sebelumnya Niguru.com pernah membahas mengenai IC CA3161 dan CA3162, keduanya bila dipasangkan dapat menjadi rangkaian ADC (Analog to Digital Converter) yang langsung menampilkan hasil konversinya ke seven segment.

Berikut ini adalah rangkaian yang dibentuk dari kemampuan dasar dari kedua IC tersebut, yaitu berupa Digital Milli Volt Meter (mV Meter). Sesuai dengan namanya Volt Meter ini hanya dapat digunakan untuk mengukur tegangan kecil dalam level milli Volt.



Tegangan maksimum yang dapat diukur oleh alat ini adalah 999 mV. Namun dalam prakteknya rangkaian dasar ini dapat dikembangkan untuk membuat perangkat Volt Meter dalam level apapun, dengan menambahkan rangkaian penurun tegangan atau rangkaian penaik tegangan.

Untuk dapat digunakan sebagai Volt Meter dalam jangkah 999 Volt misalnya, harus digunakan penurun tegangan, misalnya dengan menggunakan kombinasi R dan OpAmp yang menurunkan tegangan hingga 1/1000.

Sebaliknya untuk dapat digunakan mengukur tegangan dalam level yang lebih rendah, misalnya mikro Volt, maka harus digunakan penaik tegangan, misalnya menggunakan OpAmp yang menaikkan tegangan hingga 1000 kali dari tegangan inputnya.

Berikut ini rangkaian Digital mV meter-nya:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian Digital mV Meter yang dibuat dengan menggunakan IC CA3161 dan CA3162 sebagai komponen intinya. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

3 komentar untuk "Digital Milli Volt Meter"

  1. pengganti yang equivanlent dengan kedua IC itu apa ya pak? bisa minta kontak wanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada IC pengganti yang punya fungsi sama persis dengan jumlah pin I/O yang sama. CA3162 bisa diganti dengan IC ADC sembarang tipe, namun kalau digunakan untuk rangkaian di atas harus memodifikasi rangkaian, termasuk menambah komponen.

      CA3161 juga bisa diganti dengan IC BCD to 7 segment sembarang tipe, namun juga perlu modifikasi dan penambahan komponen.

      Niguru.com melayani tanya jawab tidak lewat WA, hanya lewat kolom komentar, pada website ini atau pada Facebook Niguru.com. Dengan tujuan agar pertanyaan dan jawaban bisa bermanfaat juga bagi teman-teman pembaca lainnya.

      Hapus
  2. mau nanya, itu inputnya kalo kena arus atau tegangan apakah aman? atau bisa diatasi dengan memberikan resistor input 1M atau lebih ? saya punya tetapi belum pernah nyoba untuk satuan mV..

    BalasHapus