Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mikroprosesor VS Memori (RAM), Mana Yang Lebih Menentukan Kecepatan Eksekusi?

www.niguru.com Niguru.com | Senin, 6 Des 2021 | Masih banyak user (pengguna) komputer yang belum memahami dengan baik peranan dari mikroprosesor dan memori /RAM (random access memory) dalam menentukan kecepatan dan juga kinerja komputer secara keseluruhan.

Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan dengan contoh pembanding sederhana yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman pembaca sekalian dalam memahami kontribusi mikroprosesor dan memori dalam sebuah sistem komputasi.
  
 www.niguru.com

Untuk mempermudah penggambaran fungsi dari kedua unit di atas, Niguru.com memberikan ilustrasi sebagai berikut:
 

www.niguru.com

Misalnya kamu memiliki 300 butir kelapa yang harus dikirimkan dari perkebunan ke gudang dari suatu pabrik pengolahan kelapa.

Anggaplah situasi jalanan sedemikian ideal (bebas hambatan) dan jarak antara kedua lokasi = 200 kilometer.

Nah .. sekarang mari kita berikan pilihan ekstrim untuk kendaraan angkutnya, sebuah mobil sport yang dapat melaju hingga 200Km/jam dan sebuah truk yang hanya dapat melaju dengan kecepatan 50Km/jam:


www.niguru.com

Sedan sport butuh 20 kali perjalanan untuk memindahkan seluruh kelapa.
Sedangkan truk hanya butuh sekali perjalanan untuuk memindahkan seluruh kelapa.

Total waktu perjalanan sedan sport = 10 jam.
Total waktu perjalanan truk = 4 jam.

Bisa paham ilustrasi di atas?
Dalam komputer kecepatan ditentukan oleh mikroprosesor. Membandingkan prosesor kecepatan tinggi dengan prosesor kecepatan rendah ini mirip seperti membandingkan kecepatan antara sedan sport dengan truk.

Sedangkan daya angkut data yang akan diolah ditentukan oleh RAM.

Jadi dari ilustrasi di atas. Seandainya kelapa yang dikirimkan hanya 10 butir, maka sedan sport akan menyelesaikan tugasnya lebih cepat dibandingkan truk.

Pada sistem komputasi juga sama. Bila ukuran program yang akan dieksekusi kecil (ini biasanya juga terlihat dari ukuran file) maka kecepatan mikroprosesor akan menentukan kecepatan kecepatan eksekusi dari suatu program.

Sedangkan bila ukuran file yang akan dieksekusi besar, maka ukuran RAM (DDR) akan lebih menentukan kecepatan eksekusi dari suatu program.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dari mikroporsesor dan memori /RAM di dalam suatu komputer.
Semoga penjelasan pada posting ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman pembaca sekalian.

Selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

1 komentar untuk "Mikroprosesor VS Memori (RAM), Mana Yang Lebih Menentukan Kecepatan Eksekusi?"

  1. If you’re up for profitable multi-million prizes, taking part in} Mega Moolah and Major Millions is a great determination. Everyone, high curler or not, can participate in spot prize promotions. The varying prizes up for grabs, which all players have an opportunity to win, embrace cash, casino credit, free spins, and even major prizes like devices, five-star cruises, and 온라인카지노 unique holidays.

    BalasHapus