19 Juli 2018

Inilah Rangkaian Untuk Menguji Dioda Zener, Sekaligus Untuk Mengetahui Tegangan Kerja Dari Dioda Zener Tersebut, Dibuat Dari 2 Buah Transistor

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 19 Jul 2018 | Ukuran fisik dari dioda zener sedemikian kecil, dan ditambah dengan permukaan dioda zener yang licin mirip seperti kaca, membuat teks yang dicetak diatas fisiknya sulit untuk dibaca dan mudah terhapus oleh gesekan.

Para praktisi yang tidak memberikan label pada tempat penyimpanan dioda zener akan menghadapi kemungkinan bahwa pada waktu diperlukan, dioda tersebut sudah tidak dapat dikenali lagi baik tipe maupun tegangan kerjanya.



Rangkaian berikut ini adalah solusi dari permasalahan tersebut. Rangkaian penguji dan pengukur tegangan kerja dari dioda zener ini sederhana, hanya terdiri dari 2 buah transistor dan beberapa R (resistor) saja, ditambah dengan sebuah alat ukur, yaitu Volt meter digital.

Meski Volt meter analog juga bisa digunakan pada rangkaian ini, namun disarankan untuk tetap menggunakan Volt meter digital untuk memberikan hasil pembacaan tegangan kerja yang lebih jelas dan pasti.

Berikuti ini rangkaian uji dioda zener tersebut:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian penguji dioda zener. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar