10 Juli 2018

Power Supply 2 Ampere Yang Dilengkapi Dengan Regulator Tegangan 0 .. 18V Berbasis IC L200

www.niguru.com
Niguru.com | Selasa, 10 Jul 2018 | Dalam praktek elektronika seringkali diperlukan sebuah power supply (catu daya) yang tegangannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Sebuah sumber tegangan yang outputnya bisa diatur-atur seringkali juga diperlukan sebagai input untuk pengujuan suatu rangkaian elektronika.

Di pasaran terdapat banyak tipe IC yang oleh produsen pembuatnya memang khusus dipersiapkan untuk rangkaian regulator, salah satu diantaranya adalah IC L200. IC ini sesungguhnya adalah IC dengan kemampuan untuk mensupplai arus sampai 2 Ampere, sehingga dimungkinkan untuk membuat sebuah rangkaian regulator tanpa diperkuat transistor daya besar bila hanya diperlukan untuk mensuplai arus maksimum 2 Ampere saja.



Sehingga dengan tambahan transistor berdaya besar seperti pada contoh berikut ini, sesungguhnya memungkinkan bagi user untuk menempatkan rangkaian ini untuk mensuplai arus yang lebih dari 2 ampere (arus maksimum ditentukan oleh kemampuan dari transistor daya yang dipasang).

Berikut ini adalah rangkaian power supply dengan regulator tegangan 0 .. 18V:


www.niguru.com


Demikianlah rangkaian power supply dengan regulator tegangan 0 .. 18V, yang bisa dirakit dengan hanya sedikit komponen saja. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...