11 Oktober 2019

Inilah Rangkaian Dan Ladder Diagram Untuk Input Keypad 4x4 Dan Output LED (Digital) – Part 1 (Soal)

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 11 Okt 2019 | Keypad adalah salah satu komponen input yang sering digunakan oleh praktisi elektronika sebagai media untuk mengisikan suatu nilai kedalam peralatan elektronik, khususnya peralatan yang menggunakan kontrol elektronik.

Pada posting beberapa waktu yang lalu Niguru.com sudah pernah menjelaskan mengenai cara untuk mengubah penekanan tombol pada keypad 4x4, menjadi tegangan analog. Pada posting kali ini Niguru.com akan menjelaskan mengenai cara untuk mengubah input melalui keypad menjadi output digital, dengan bantuan MicroPLC.


Output digital diwakili oleh 16 buah LED yang masing-masing mewakili angka 0 .. 9, dab ABCD. Untuk tombol bintang /asterisk (*) akan menjadi input CANCEL dan pada ladder akan diberi output = YCancel, dan pagar (#) akan menjadi input  SAVE dan pada ladder akan diberi output = YSave.

Berikut ini rangkaian elektronik untuk input keypad dan output digital berupa 16 buah LED:

www.niguru.com


Jadi syarat kerja dari sistem diatas adalah, seluruh LED padam saat tidak ada tombol pada keypad yang ditekan.

Saat tombol 0 ditekan maka LED D1 yang mewakili ouput 0 akan menyala, saat tombol 1 ditekan maka LED D2 yang mewakili output 1 akan menyala.
Demikian seterusnya, dengan aturan yang sama seperti diatas LED harus menyala sesuai dengan tombol yang ditekan.

Pada posting kali ini Niguru.com mempersilahkan pembaca untuk mencoba membuat LD (ladder diagram) untuk rangkaian diatas dengan sistem kerja sesuai yang sudah dijelaskan.

Sebagai petunjuk pembaca dapat melihat posting Niguru.com sebelumnya mengenai keypad 4x4 (baca: Merubah Input Keypad Matrix 4x4 Menjadi Tegangan Analog)

Dan melihat posting Niguru.com mengenai cara untuk mengubah input tegangan analog menjadi output digital (baca: Input Analog Pada Micro PLC (Include Ladder Diagram))

Jawaban akan diberikan pada posting berikutnya (besok).
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar