Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Kecepatan Kinerja Komputer Dengan Menambah RAM

www.niguru.com Niguru.com | Sabtu, 11 Sep 2021 | Kecepatan eksekusi komputer saat bekerja berdasarkan berbagai komponen, namun ada 2 komponen utama yang paling menentukan kecepatan kerja komputer yaitu Mikroprosesor, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Prosesor saja, dan memori atau yang lebih dikenal dengan DDR atau disebut juga dengan RAM.

Prosesor menentukan kecepatan eksekusi komputer jadi misalnya saja untuk mengeksekusi program berukuran 100MB prosesor lambat butuh waktu 5 detik, sedangkan prosesor cepat bisa jadi hanya butuh waktu 0,1 detik saja.

RAM menentukan daya tampung data. Setiap data yang tersimpan pada storage (HDD, flash disk, dan lain sebagainya) harus dipindahkan dulu ke RAM agar bisa dieksekusi.

Jadi tentu saja RAM akan penuh dengan berbagai program yang sedang berjalan, dimana total jumlahnya bisa ribuan MB. Bila daya tampung RAM kurang, maka RAM akan mencicil sebagian demi sebagian program yang akan dieksekusi.

Jadi anggap saja ada program ukuran 500MB akan dieksekusi. Sedangkan sisa ruang di RAM hanya 100MB saja. Maka RAM akan mencicil pengolahan program sebagian demi sebagian, bisa 5X atau bisa juga lebih karena dalam prakteknya ada bagian program yang dieksekusi berulang.

Bila program ukuran 500MB tersebut dieksekusi pada komputer dengan sisa RAM yang masih besar, misalnya saja masih tersisa ruang 3GB, maka program cukup dikirim sekali jalan saja saat akan dieksekusi oleh prosesor.


www.niguru.com

Jadi prosesor cepat bisa jadi tidak optimal saat RAM sudah penuh, karena harus berulang kali ambil dan simpan data antara storage dengan RAM.

Jadi untuk teman-teman yang ingin komputer memiliki kinerja yang lebih cepat. Optimalkan dahulu ukuran RAM, baru kemudian pertimbangkan untuk mengganti prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi.


www.niguru.com

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat menambah RAM pada komputer untuk meningkatkan kecepatan kinerja komputer.

Semoga penjelasan pada posting ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi teman-teman pembaca sekalian.

Selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Kecepatan Kinerja Komputer Dengan Menambah RAM"