Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Kecepatan Komputer Dengan SSD

www.niguru.com Niguru.com | Rabu, 29 Sep 2021 | SSD (Solid-State Drive) adalah komponen penyimpan data yang mirip seperti USB Flash Disk berukuran besar yang didesain sedemikian rupa sehingga memiliki kecepatan transmisi data yang jauh lebih tinggi saat digunakan untuk membaca dan menulis data.

SSD dibuat untuk menggantikan HDD (Hard Disk Drive), sehingga produsen membuat ukuran SSD setara dengan HDD 2,5 inci yang setara dengan HDD yang biasa dipasang pada laptop atau netbook.

SSD tidak menggunakan alat baca mekanik, sehingga dapat bekerja dengan lebih cepat dibandingkan dengan HDD.
User dapat meningkatkan kecepatan kerja komputer dengan mengganti HDD dengan SSD.

 

Berikut ini keunggulan dari SSD:

1. Lebih tahan terhadap guncangan.
Karena tidak menggunakan alat baca mekanik maka SSD tidak mudah rusak saat terjatuh atau terguncang keras. Tidak seperti HDD yang rusak saat terjatuh atau terguncang keras.

2. Lebih awet.
Tanpa alat baca mekanik juga membuat SSD lebih awet dibandingkan HDD.

3. Boot lebih cepat.
SSD dapat melakukan proses booting (pembacaan pada awal komputer dinyalakan) lebih cepat dibandingkan HDD. HDD perlu waktu lebih lama untuk membuat piringan penyimpan data di dalamnya mencapai putaran ideal, juga perlu waktu sampai jarum pembaca bergerak ke posisi start.

4. Kecepatan baca tulis lebih tinggi.
SSD dapat langsung menyimpan data ke setiap sel memori yang ada di dalamnya. HDD harus melakukan alokasi posisi pada piringan dan mengarahkan jarum ke posisi tersebut.

5. Kecepatan membuka file lebih tinggi.
Mirip seperti alasan pada point (4), SSD dapat melakukan pembukaan file dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan HDD.

6. Konsumsi daya listrik lebih rendah.
Karena tidak perlu menggerakkan motor, SSD membutuhkan daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan HDD. Ini merupakan keunggulan yang cukup penting bagi pengguna laptop yang perlu bekerja secara mobile (berpindah-pindah) dan mengandalkan cadangan daya listrik pada baterai saat bekerja. 

7. Noise (tingkat kebisingan) lebih rendah.
User tidak akan mendengar suara putaran motor dan suara klik yang biasa terdengar saat HDD bekerja. Tidak adanya mekanik membuat SSD bekerja tanpa suara.        

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat penggunaan SSD pada komputer.

Semoga penjelasan pada posting ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman pembaca sekalian.

Selamat beraktivitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Kecepatan Komputer Dengan SSD"