17 Desember 2018

PCB Minimum System 8088

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 17 Des 2018 | Meski sudah jarang digunakan sebagai “control unit” (unit pengendali) pada rangkaian otomasi era 2000’an, namun untuk keperluan uji coba dan bagian dari proses belajar dan mengajar, minimum system 8088 masih sering diperlukan.

Kali ini Niguru.com menyajikan layout PCB dari minimum system 8088. Unit kecil ini dapat digunakan untuk digunakan dalam uji coba instruksi yang ditulis dalam bahasa Assembly yang sering diposting pada Niguru.com.



Biasanya penulis menggunakan Eprom Emulator untuk menggantikan IC 2764 yang berfungsi menyimpan program, agar tidak perlu melakukan proses penulisan dan penghapusan data berulang kali pada Eprom yang sesungguhnya sebelum program tersebut benar-benar selesai (final).

Layout PCB dapat di-download di: http://deciomm.com/11d
Sedangkan skema yang jelas dapat dilihat dengan meng-klik gambar skema yang tertera pada halaman berikut ini. Skema Minimum System 8088 berukuran besar akan tampil setelah gambar di-klik.

Berikut ini detail selengkapnya mengenai PCB Minimum System 8088:



www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah detail selengkapnya mengenai PCB Minimum System 8088. Bila pembaca akan mencetak file .PDF dari layout PCB yang sudah diberikan di link /URL untuk men-download, ingatlah bahwa layout PCB harus dicetak dengan skala 1:1 pada setting printer. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena biasanya “default” dari aplikasi pembuka .PDF adalah “fit to paper” saat mencetak.

Selamat mencoba, dan selamat beraktifitas .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar