Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instruksi Assembly 8088 Untuk Menampilkan Penghitungan Maju (Up Counting) Dan Menampilkan Hasilnya Pada 4 Digit Seven Segment

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 6 Des 2018 | Pada posting sebelumnya Niguru.com sudah pernah menampilkan pembahasan mengenai tata cara pemasangan display  seven segment pada port PPI, kemudian juga dilanjutkan dengan posting berikutnya yang menjelaskan instruksi untuk menampilkan penghitungan pada sebuah seven segment.

Kali ini Niguru.com akan menampilkan contoh instruksi yang lebih rumit, dengan menampilkan penghitungan maju 4 digit angka, dan menampilkan hasilnya pada 4 digit seven segment. Seven segment dinyalakan dengan menggunakan teknik SCANNING display.



Pada teknik scanning display, 4 buah seven segment dinyalakan bergantian, namun dibuat pergantian penyalaannya sedemikian cepat, maka terlihat oleh mata seolah-olah 4 buah display tersebut nyala secara bersamaan.

Berikut ini rangkaian dan instruksi assembly-nya:


www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah rangkaian dan instruksi assembly untuk menampilkan penghitungan maju pada 4 seven segment. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Instruksi Assembly 8088 Untuk Menampilkan Penghitungan Maju (Up Counting) Dan Menampilkan Hasilnya Pada 4 Digit Seven Segment"