30 Mei 2019

Cara Membuat Dan Memanfaatkan Combo Box Pada Visual Basic Atau Microsoft Access - Part 1 (Definisi Dan Properti)

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 30 Mei 2019 | Pada berbagai aplikasi dimana user harus berhadapan dengan form, seringkali oleh pembuat aplikasi ditempatkan sebuah kolom bertipe COMBO.

Keuntungan dari kolom combo adalah data yang tersedia sudah pasti berupa data yang benar, karena dipilih dari daftar yang sudah dipilih /diseleksi.


Pada aplikasi untuk pembelian atau penjualan misalnya, penempatan combo akan memudahkan user dalam memilih barang, karena form aplikasi hanya menampilkan barang yang eksis dan masih ada persediaannya.

Berikut ini yang perlu anda perhatikan saat penggunaan combo box:
1. Data source
2. Column width
3. Column count

1. Data Source (Sumber data):
Baik pada MS Access terdapat 3 opsi untuk menentukan sumber data, yaitu:
1.1. Table (tabel)
1.2. Query
1.3. Value list (daftar nilai /data)
1.4. Field List (daftar field dari sebuah tabel)

Memilih tabel sebagai sumber data, akan memberikan user suatu sumber data yang nilainya senantiasa update (senantiasa diperbarui) berdasarkan isi dari tabelnya, misalnya sumber datanya adalah tabel berisi data karyawan, maka pilihan data karyawan akan senantiasa bertambah seiring dengan bertambahnya data yang diisikan pada tabel tersebut.

Memilih query sebagai sumber data, hanya dimungkinkan pada MS Access, karena hanya pada MS Access, sebuah query dapat ditampilkan secara fisik seperti sebuah tabel.
Memilih query sebagai sumber akan memberikan user pilihan daftar sesuai dengan kriteria query, misalkan pilihan hanya pada karyawan yang memiliki jabatan manajer saja.

Value list adalah opsi bila daftar yang ada ini tetap dan jumlahnya hanya sedikit saja. Misalnya pilihan alat tulis menulis, yang hanya terdiri dari: pensil, ballpen, pulpen, spidol.

Field list adalah cara untuk menampilkan pilihan berdasarkan nama field dari sebuah tabel.

2. Column Width (Lebar kolom):
Programmer harus memastikan berapa ukuran lebar kolom, ini terutama untuk pilihan combo box yang multi kolom. Karena bila kolom terlalu sempit maka daftar akan tampil terpotong, bila terlalu lebar maka tampilan akan menjadi tampak banyak ruang kosong disampingnya, dan terlihat kurang rapih.

3. Column Count (Jumlah kolom):
Bila programmer memilih untuk menampilkan combo box multi kolom maka jumlah kolom yang ditampilkan harus ditentukan berapa kolom. Secara “default” (= nilai awal) jumlah kolom adalah 1, yang berarti combo box tampil secara kolom tunggal.


www.niguru.com

www.niguru.com


Penentuan properties diatas untuk memastikan combo box termanfaatkan secara optimal.

Demikianlah penjelasan mengenai cara pemanfaatan combo box.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...