Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toggle Switch Dari Push Button Biasa, Untuk Mengendalikan Output Relay Yang Dikendalikan Oleh Mikrokontroler

www.niguru.com
Niguru.com | Kamis, 9 Mei 2019 | Dengan menggunakan rangkaian trainer kit I/O monitoring, praktisi mikrokontroler dapat membuat sebuah I/O sistem, dimana sebuah push button (saklar tekan) biasa dapat difungsikan sebagai toggle switch, yaitu sebuah saklar yang pada kondisi awal terbuka, bila ditekan tertutup, dan bila ditekan kembali terbuka lagi, demikian seterusnya.

Pasangkan rangkaian trainer I/O monitoring pada port P1. Lengkapi output yang terpasang pada P1.1 dengan sebuah relay. Relay yang dipasang akan tertutup bila transistor menghantar /ON. Dan transistor akan ON apabila diberi input rendah /low (=0).



Jadi rangkaian ini nantinya akan menerima input dari push button yang terpasang pada P1.0 dan akan mengendalikan relay yang terhubung lewat transistor ke P1.1.
Berikut ini instruksinya:

www.niguru.com
www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk memprogram saklar agar dapat berfungsi sebagai toggle switch untuk mengendalikan relay. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)
www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Toggle Switch Dari Push Button Biasa, Untuk Mengendalikan Output Relay Yang Dikendalikan Oleh Mikrokontroler"