Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Compiling (Kompilasi) File Teks Berisi Instruksi Program Menjadi File Hexa (.HEX), Untuk Diprogramkan Pada Mikrokontroler

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 13 Mei 2019 | Pada beberapa posting mengenai mikrokontroler (microcontroller), Niguru.com sudah memberikan penjelasan mengenai instruksi assembly untuk mengendalikan LED.

Agar mikrokontroler dapat bekerja sesuai dengan instruksi tersebut maka semua instruksi tersebut harus disimpan kedalam ROM didalam mikrokontroler.

Instruksi harus disimpan dalam bahasa mesin, dan berbentuk file berformat hexadesimal dengan extension .HEX. File inilah yang nantinya diberikan kepada EPROM Programmer.


Ada banyak aplikasi Assembler untuk keluarga MCS-51, salah satu yang cukup populer adalah Cross Assembler. Aplikasi ini juga yang dipergunakan oleh programmer kami di Niguru.com
Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Cross Assembler:

  1. Tuliskan Instruksi program, dengan MS-Word atau Notepad, simpan dalam format teks (text file) dengan ekstension .A51 (misalnya JAM.A51, DADU.A51, dan lain-lain.). Sebaiknya gunakan Notepad karena lebih sederhana dan tidak terlalu banyak fitur sehingga lebih cocok untuk membuat file teks. 
  2. Buka MS DOS dengan menjalankan Command Prompt yang biasanya terdapat pada Windows Accessories, atau Windows System.
  3. Masuk ke direktori dimana aplikasi Cross Assembler berada. Perintah untuk masuk ke direktori, pada DOS adalah: CD [path lengkap dari direktori tujuan]
  4. Ketik ASEM [nama file tanpa extension .A51], misal: ASEM JAM
  5. Bila terdapat kesalahan, dapat dilihat pada file dengan extension .LST, misal: JAM.LST
  6. Hasil kompilasi ini akan menghasilkan file hexadesimal dengan extension .HEX

Note:
Beberapa EPROM Programmer membutuhkan file .BIN (binary) untuk memprogram mikrokontroler.
Gunakan fasilitas HEX2BIN untuk mengkonversi lagi dari file .HEX menjadi .BIN, perintahnya adalah:
HEX2BIN [nama file hexadesimal, tanpa extension], misal: HEX2BIN JAM

Download Cross Assembler di sini: http://evassmat.com/6kOt

Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Compiling (Kompilasi) File Teks Berisi Instruksi Program Menjadi File Hexa (.HEX), Untuk Diprogramkan Pada Mikrokontroler"