10 Mei 2019

Counter Dengan Tampilan 7 Segment Yang Dikendalikan Oleh Mikrokontroler

www.niguru.com
Niguru.com | Jumat, 10 Mei 2019 | Meski saat ini sudah banyak jenis display yang memiliki teknologi yang lebih baru dibandingkan 7 segment, seperti LCD dan layar monitor ukuran mini, namun penggunaan 7 segment sebagai media untuk menampilkan data angka, masih belum bisa tergantikan sepenuhnya.

7 segment yang menyala saat bekerja, adalah media penampil ideal untuk peralatan yang harus menampilkan data di area yang memiliki intensitas cahaya yang rendah (redup atau bahkan gelap). Dan meskipun penggunaan daya listriknya tidak seirit LCD namun karena berbahan dasar LED, penggunaan daya listriknya juga relatif rendah.



Kali ini Niguru.com akan menjelaskan cara untuk memprogram 7 segment agar dapat menampilkan data penghitungan maju (up counter). Rangkaian yang digunakan adalah rangkaian yang sudah pernah dibahas sebelumnya, berupa trainer kit yang didalamnya terdapat 6 buah 7 segment (baca: Rangkaian Trainer Untuk Membantu Para Pelajar Dan Praktisi Dalam Mempelajari Kinerja Perangkat Pengendali (Control System Unit), Berikut PCB - Part 2 - 7Segment Dan Keypad)

Berikut ini rangkaian dan instruksi pemrogramannya:

www.niguru.com

www.niguru.com

www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai cara memprogram 7 segment agar dapat menampilkan data penghitungan maju. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...