29 Mei 2019

Menggunakan Microsoft Access Versi 2002 /2003 Sebagai Sarana Belajar

www.niguru.com
Niguru.com | Rabu, 29 Mei 2019 | Saat tulisan pada artikel ini dibuat, Microsoft sudah meluncurkan MS (Microsoft) Access versi terbarunya, yaitu versi 2019. Namun sebagai sarana belajar Niguru.com menyarankan bagi para programmer yang baru mengenal MS Access dan ingin mengeksplorasi lebih jauh lagi mengenai pemanfaatan MS Access, sebaiknya menggunakan versi MS Access yang lebih lama, yaitu versi 2002 atau versi 2003 saja terlebih dahulu.

Mengapa? .. MS Access versi lama ini memiliki menu yang masih berupa menu klasik (dropdown menu), sehingga user tidak perlu berpindah tab untuk menampilkan fasilitas menu, memudahkan untuk eksplorasi. Versi 2007 atau sesudahnya menggunakan menu ribbon dengan icon besar yang memakan tempat, sehingga user harus berpindah tab untuk melihat dari satu kelompok menu ke kelompok menu yang lain.

Versi lama masih menggunakan file bertipe .MDB. Tipe ini dapat running pada versi yang lebih baru, sebaliknya file dari MS Access versi 2007 atau yang lebih baru adalah .ACCDB, tidak dapat dibuka pada MS Access versi sebelumnya.

Pada versi lama, icon tidak memenuhi halaman kerja, sehingga user dapat lebih mudah menemukan tombol icon yang sesuai dengan kebutuhan.
Ditambah lagi seluruh kelompok obyek (object) ditampilkan pada satu database window, dan saat pemilihan salah satu obyek (table /query /form /report /page /macro /module) seluruh obyek tampil dengan jelas pada halaman database window.

Pada versi 2007 atau versi sesudahnya, tidak tersedia lagi fasilitas PAGE, yaitu fasilitas untuk membuat form yang dapat tampil di browser Internet Explorer atau Microsoft Edge.
Penulis menggunakan page untuk mempermudah pembuatan form untuk tampilan browser. Cara ini lebih mudah dibandingkan harus membuat form dengan bantuan Microsoft Frontpage, yang sesungguhnya memang dikhususkan untuk membuat halaman website.

Berikut ini perbandingan tampilan MS Access versi 2003 dengan MS Access versi 2007:
2003:
www.niguru.com

2007:
www.niguru.com

2003:
www.niguru.com

2007:
www.niguru.com

2003:
www.niguru.com

2007:
www.niguru.com


Demikianlah penjelasan mengenai alasan untuk memilih MS Access versi lama (2002 /2003) sebagai sarana untuk belajar MS Access. Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar