27 Mei 2019

Mengimpor Data Dari Sebuah Table Yang Tidak Diketahui Tipe Datanya

www.niguru.com
Niguru.com | Senin, 27 Mei 2019 | Seorang programmer yang harus membuat sebuah aplikasi yang sumber datanya berasal dari database yang sudah eksis. Dimana database tersebut sudah dibuat oleh pihak lain yang tidak dapat dimintai detail dari tabel yang terkandung didalamnya, dimana hanya tampak NAMA TABEL dan FIELDs yang ada didalam tabel tersebut, maka perlu suatu strategi khusus untuk dapat memanfaatkan data yang tersimpan didalamnya.

Biasanya database dari suatu sistem yang eksis, hanya menyediakan koneksi ODBC, dan user hanya diberi user name dan password untuk melakukan koneksi pada ke database terkait via ODBC. Bila tersedia aplikasi pendamping, biasanya hanya menampilkan daftar tabel dan fields yang terkandung didalamnya .. sudah! Tidak dapat diketahui tipe data dari fields yang ada didalam tabel.



Untuk mengimpor data dari fields yang tidak diketahui, gunakan sebuah tabel dengan fields yang memiliki tipe data STRING, atau pada tabel dari database Microsoft Access (.MDB, .ACCDB) adalah tipe data TEXT.
Keuntungan dari fields dengan tipe data text ini, adalah mampu menerima data dari sumber lain yang tipe datanya berbeda.

Jadi misalnya field sumber memiliki tipe data NUMBER (misal: integer, long integer, double, dan lain sebagainya), dapat diimpor datanya ke field target yang memiliki tipe data TEXT.
Satu-satunya tipe data yang tidak dapat diimpor ke field dengan tipe data TEXT adalah field dengan tipe data MEMO.

Tipe data MEMO memiliki jumlah karakter yang lebih besar dari tipe data TEXT. Hanya saja dalam prakteknya jarang sekali data penentu dari suatu tabel berada dalam field bertipe data MEMO.
Dalam prakteknya saat melakukan integrasi ke suatu “existing system” (sistem yang sudah ada sebelumnya) Niguru.com hampir selalu menghadapi masalah yang serupa, yaitu: mendapatkan tabel yang tidak diketahui tipe datanya!

Dan solusinya jelas, yaitu mengimpor data dari tabel yang ada kedalam suatu tabel yang seluruh field-nya memiliki tipe data TEXT.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar