28 Mei 2019

Migrasi Dari Visual Basic Ke Microsoft Access, Untuk Mendapatkan Berbagai Kemudahan Dalam Membuat Aplikasi Dan Programming

www.niguru.com
Niguru.com | Selasa, 28 Mei 2019 | Bagi para programmer yang sudah merasakan kemudahan menggunakan aplikasi pemrograman (disebut juga dengan bahasa pemrograman) Visual Basic, selayaknya menyempatkan diri untuk mencoba aplikasi Microsoft Access.

Microsoft Access yang merupakan salah satu aplikasi dalam bundel Microsoft Office, diciptakan untuk membuat aplikasi. Bahasa pemrograman yang sama dengan Visual Basic dapat digunakan pula pada aplikasi ini, plus berbagai kemudahan dalam membuat tabel, query, dan form.



Microsoft Access adalah sebuah database yang juga sekaligus dapat menampilkan form sebagai sarana interface dengan user, merupakan aplikasi lengkap dan serbaguna dimana database, form dan report sudah dibuat menyatu dalam sebuah aplikasi.

Dahulu pada awal kemunculan MS (Microsoft) Access, banyak programmer dan developer aplikasi yang enggan menggunakan MS Access karena aplikasi ini mengharuskan user meng-install MS Office pada komputernya. Tanpa MS Office pada komputer user, maka file MS Access tidak dapat running (berjalan).

Namun sejak diluncurkannya MS Office 2007, Microsoft meluncurkan sebuah aplikasi berukuran kecil yang bernama Access Runtime 2007, yang tersedia secara gratis, yang fungsinya adalah untuk menjalankan file MS Access pada OS Windows yang tidak ter-install MS Office didalamnya.

Sesungguhnya sudah sejak MS Office 95, Microsoft meluncurkan Access Runtime, namun versi 95 hingga 2003 adalah versi berbayar. Barulah saat peluncuran versi 2007, Microsoft menyediakan Access Runtime secara gratis, bagi para user-nya.

Berikut ini gambaran kemudahan membuat aplikasi dengan MS Access:
1. Membuat Tabel:
www.niguru.com

www.niguru.com

2. Membuat Query:
www.niguru.com

3. Membuat Form:
www.niguru.com

www.niguru.com

4. Membuat Report:
www.niguru.com

www.niguru.com

Seluruh obyek (object) aplikasi dari mulai tabel (sebagai tampilan data yang tersimpan pada database), query, form hingga report, sudah tersedia dalam satu aplikasi saja yaitu: Microsoft Access.

Jadi luangkan waktu untuk mempelajari MS Access.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...