Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Untuk Menampilkan Isi Folder PHP Dari Komputer Lain

www.niguru.com Niguru.com | Selasa, 2 Nov 2021 | Server untuk menjalankan aplikasi berbasis PHP adalah sebuah web server, meski yang paling umum digunakan adalah Apache web server, tapi tidak menutup kemungkinan web server lain digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis PHP.

Karena merupakan web server maka selain bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis web, server ini juga dapat menampilkan file yang berada di dalam folder yang sudah dipublikasikan. 

Pada server apache, folder yang sudah dipublikasikan berada di "htdocs", untuk user yang menggunakan XAMPP, berada di: [drive]\XAMPP\htdocs\PHP.
Untuk user yang menggunakan WAMP berada di: [drive]\XAMPP\htdocs\PHP.

Selanjutnya lokasi folder htdocs bisa dipelajari pada petunjuk dari masing-masing penyedia paket instalasi server.

Untuk membuka lokasi folder dari komputer yang bersangkutan cukup dengan mengetikkan IP address dari komputer atau "localhost" menuliskan domain yang sudah dibuat. 

Sedangkan untuk membuka lokasi folder dari komputer lain yang berada dalam satu jaringan lokal yang sama cukup dengan mengetikkan IP address pada komputer dimana web server aktif berada.

Contoh folder yang dibuat di dalam folder "htdocs":

www.niguru.com

Contoh folder yang ditampilkan oleh browser lewat komputer lain (pada jaringan lokal yang sama):

www.niguru.com

Contoh lain:

www.niguru.com

Bila salah satu file di dalam folder dimana aplikasi berbasis web dijalankan maka akan tampil dalam bentuk eksekusi program yang sesuai dengan kode /script di dalamnya:

www.niguru.com

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk menampilkan isi folder PHP (maupun folder lain yang sudah berada di folder yang sudah dipublikasi) dari komputer lain.
Selamat mencoba .. Have a nice day :-)

www.Niguru.com (Nino Guevara Ruwano)

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Untuk Menampilkan Isi Folder PHP Dari Komputer Lain"